Filter Air

22 Apr 2021

Jenis Filter Air Tanah

Ragam Jenis Filter Air Tanah

Apa yang membuat filter air sumur menjadi bagian terpenting dalam kehidupan? Jawabnya mudah saja, ini dikarenakan air merupakan unsur terpenting dalam kehidupan manusia. Air merupakan sumber kehidupan untuk manusia, namun sayangnya tidak semua jenis air bisa digunakan untuk menopang kehidupan contohnya air laut.

Permasalahan masyarakat perkotaan seperti di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, yang paling sering dihadapi adalah air tanah yang mengandung kadar besi tinggi dan bahkan ada bakteri di dalam kandungan air. Masalah air dengan zat kimia tinggi ini banyak di temui di berbagai perumahan Jabodetabek.

Tiga Masalah Air Tanah Yang Umum

1. Zat Besi

Air tanah/sumur dengan kandungan zat besi memiliki ciri sebagai berikut:

Air pertama kali keluar dari tanah dalam keadaan bening namun ada bau.

Air setelah diendapkan menjadi kuning keruh, ada endapan dan, meninggalkan bercak karat. 

Air ada lapisan minyak pada bagian atas.

Kondisi air tanah seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai macam penyakit bisa ditimbulkan. Kulit bisa menjadi rusak. Bukan hanya untuk tubuh tetapi juga untuk perabotan rumah tangga. Karena akan meninggalkan bercak kuning karat yang bersifat korosif.

2. Zat Mangan

Air sumur yang mengandung zat mangan memiliki ciri sama dengan air dengan zat besi yang tinggi. Perbedaannya terletak pada warna dan bercaknya saja. Jika air zat besi berwarna kuning maka air dengan zat mangan berwarna hitam.

Hal seperti ini juga bukan yang baik bagi kesehatan apalagi air ini digunakan untuk keperluan anak-anak.

3. Zat Kapur

Berbeda dengan kedua zat sebelumnya, air dengan kandungan zat kapur biasanya, tidak berwarna (kecuali sangat tinggi, jarang terjadi di perkotaan), tidak berbau namun, meninggalkan bercak putih di perabot rumah, wastafel, keramik, kaca, gelas, piring, sendok, mobil, water heater dan lain-lain.

Zat kapur akan jadi sangat bermasalah jika Anda menggunakan pemanas air atau memasak air di panci, karena zat kapur ketika dipanaskan akan mengeras atau membatu sehingga menyebabkan sumbatan dalam shower, bercak putih yang sangat sulit dibersihkan.

Jenis Filter Air Tanah

Filter air sendiri menjadi solusi terbaik untuk masalah air sumur yang sering dihadapi warga Jabodetabek maupun kota lainnya di Indonesia. Penggunaan penjernih air sudah banyak dilakukan baik yang secara tradisional hingga modern.

Jenis filter air sendiri sangat banyak dengan berbagai macam kapasitas dari mulai rumah tangga hingga industri besar. Yang akan Kami bahas di sini fokus pada filter air rumah tangga yang air hasilnya memenuhi standar air bersih.

1. Filter Air Karbon Dan Mangan

Ini adalah media filter yang paling banyak digunakan oleh banyak orang. Media karbon dan mangan sangat efektif dalam menyaring kotoran berupa kadar besi dan mangan. Media ini memiliki daya serap yang baik ketimbang media filter lain untuk zat besi dan mangan. Kedua jenis filter ini sangat banyak beredar luas di pasaran dari berbagai macam merek dan harga.

Perbedaan antar merek dan harga semua disebabkan oleh satu hal yakni kualitas dan daya serap yang tinggi. Walau karbon dan mangan memiliki daya serap namun semua memiliki kualitasnya masing-masing. Anda bisa membeli dari media filter air dengan harga murah hingga mahal. Semakin tinggi harganya semakin daya serap yang dimilik media filter tersebut.

2. Filter Air Softener

Air dengan kadar kapur juga termasuk air yang disebut hard water/air sadah. Dengan menggunakan softener sebagai media filter maka air dengan kadar kapur ini akan berkurang sehingga kesadahan dalam air akan berkurang. Sistem media filtrasi softener/resin berbeda dengan mangan dan karbon filter. Media softener menggunakan sistem pertukaran ion/ion exchanger. Dengan pertukaran ion ini maka air tanah yang dihasilkan menjadi air yang lembut atau softwater.

3. Filter Air Pasir Silika

Media silika paling banyak juga digunakan oleh sistem penjernih air di masyarakat Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Karena filter air dengan pasir silika adalah filter air murah yang bisa didapatkan dibandingkan karbon atau mangan. Namun dari segi efektivitas sangat jauh dibandingkan media mangan atau karbon. Saran Kami gunakan media silika hanya untuk air tanah yang tidak terlalu parah, jika digunakan oleh air tanah dengan kadar besi/mangan yang tinggi jangan harap dapat bening/jernih.

Itu adalah tiga jenis media filter yang paling banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan. Saran Kami jika Anda ingin menggunakan media ini bisa diskusi dahulu dengan para ahli air atau Anda bisa melakukan test analisa air untuk mengetahui detail permasalahan air Anda.

filter air sumur
Filter Air Avorio Salah Satu Yang Terbaik di Pasaran.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Media Sosial

Follow Us On

| | |

Cari Artikel