Filter Air

12 Des 2013

Air Tanah Berwarna Kuning Dan Keruh, Bagaimana Mengatasinya?

Air Kuning, Keruh Dan, Berminyak

Air Sumur Bor
Kondisi Air Tanah Dengan Kadar Besi Tinggi

Air tanah sumur bor yang sering kita jumpai adalah air yang berwarana kuning, keruh dan terkadang sampai ada lapisan minyak pada air. Ini hampir terjadi disemua wilayah. Hal yang bisa kita ketahui dalam menentukan apakah air tanah kita mengalami seperti ini dengan cara mengetahui ciri-ciri air yang mengadung kadar besi tinggi.

Ciri-Ciri Air Dengan Kadar Besi Tinggi:

  1. Air tanah pada saat pertama kali keluar dari pompa berwarna bening namun memiliki bau karat yang menyengat,
  2. Setelah diendapkan (bisa dalam hari atau bahkan jam) air berubah menjadi kuning, banyak endapan, dan berminyak pada lapisan atas air,
  3. Meninggalkan bercak kuning karat pada wastafel, keramik, tembok dan lain lain.

Apa Penyebab Air Berwarna Kuning, Keruh, Dan Berminyak?

Penyebab utamanya adalah karena kandungan Fe (zat besi) pada air yang terlalu banyak. Kandungan Fe pada air tidak boleh lebih dair 0,3 mg/l, jika melebihi angka tersebut maka bukan tidak mungkin air menjadi keruh dan berbau.

Nah kadar Fe yang berlebih ini juga yang menyebabkan sumbatan pada pipa air, sehingga air dirumah menjadi kecil dan tentu saja merusak kesehatan jika digunakan air yang mengandung zat besi yang terlalu tinggi.

Tata Cara Menjenrihkan Air Sumur Dengan Kandungan Fe (Zat Besi)

Cara yang akan Kami sebutkan ini hanya berfungsi untuk air tanah sumur bor yang mengandung zat besi yang tinggi, tidak bisa untuk air tanah yang kuning karena hal lain, seperti lumpur atau gambut.

  • Kaporit
Penggunaan kaporit ini cukup mudah namun perlu dipertimbangkan dosis nya karena jika terlalu banyak akan membuat iritasi pada kulit dan mata.

Gunakan kaporit sebagai proses oksidasi pada air tanah sehingga air yang pada saat keluar terlihat bening akan cepat teroksidasi dan berubah warna menjadi kuning. Lalu tampung air yang sudah dicampur dengan kaporit ini

  • Karbon Aktif
Fungsi dasar dari karbon aktif adalah menyerap, entah itu udara, air dll. Penggunaan karbon aktif sebagai penjernih air Kami saranakan menggunakan spesifikasi karbon aktif yang berbahan dasar batok kelapa.

Karbon aktif sangat banyak kegunaannya bahkan untuk saringan udara pun menggunakan karbon aktif. Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih jenis karbon aktif untuk penjerniha air.

Setelah air dengan campuran kaporit diendapkan maka alirkan air kaporit tersebut kedalam karbon aktif maka, Fe (zat besi) dan kaporit serta bau akan terserap oleh karbon aktif.

Penempatan Karbon Aktif bisa dibuatkan didalam drum atau ember. Atau bisa juga menggunakan tabung filter yang tersedia di pasaran.

Itu adalah proses paling sederhana dalam menjernihkan air sumur bor yang kuning, keruh dan, berminyak karena kadar zat besi (Fe) pada air. Namun cara ini tidak berlaku dalam air sumur yang kuning disebabkan oleh hal lain.

Jika Anda kesulitan dalam menjernihkan air dirumah Anda silahkan berkonsultasi dengan tim ahli Kami melalui WA 0812 1030 0422.

atau bisa melihat produk Kami disini


Blog Post

Related Post

Back to Top

Media Sosial

Follow Us On

| | |

Cari Artikel